Monday, July 10, 2017

Manfaat Membaca Menjadikan Manusia Khalifah Sejati





KATA PENGANTAR

   Hari Sabtu, tanggal 8 Juli 2017, perpustakaan IMAAM Center resmi di buka untuk umum. Pada peresmian pembukaan di mulai dengan pengguntingan pita oleh Bapak Taufiq Ismail (tamu khusus IMAAM dari Jakarta) dan Bapak Ismunandar (Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington D.C.) yang disaksikan Presiden IMAAM Bapak Amang Sukasih, Imam Masjid IMAAM Center Ustdadz Fahmi Zubir, Wakil dari Pendiri IMAAM Bapak A. Faisal Marzuki, dan para undangan. Adapun Direktur Perpustakaan adalah Bapak Hari Tulastono tidak tampak dalam foto ini.
 

 Perpustakaan merupakan gudang ilmu yang diletakkan dalam rak buku. Tajuknya bermacam-macam. Sedang buku itu sendiri adalah jendela Ilmu yang hendak kita ketahui. Selamat kepada IMAAM Center dan Bapak Hari Tulastono semoga sirkulasi simpan pinjamnya lancar, rapi dan aman.

   Berkaitan dengan itu kami muatkan disini manfaat membaca bagi peminat perpustaan IMAAM sebagai berikut dibawah ini. □ AFM



MANFAAT MEMBACA MENJADIKAN MANUSIA KHALIFAH SEJATI


PENDAHULUAN

T
ujuannya manusia diciptakan oleh Allāhu Rabbul ‘Ālamīn adalah beribadah  kepada-Nya (QS 51:56) dan mengangkatnya sebagai khalifah-khalifah (QS 5:39) untuk memakmurkan (membangun peradaban) kehidupan di bumi (QS 11:61).   Untuk itu ia perlu ilmu dan pengetahuan sebagaimana yang di ajarkan-Nya kepada Bapak Manusia Pertama, Adam as (QS 2:31). Dalam Kitab Suci Al-Quran yang pertama-tama sekali diturunkan adalah 5 ayat pertama dari surat Al-‘Alaq, (QS 96:1 s/d 5). Disebut juga surat Iqra’, artinya Bacalah. Dengan membaca diperoleh Ilmu dan Pengetahuan. Manusia yang berilmu diangkat derajatnya lebih tinggi dari pada orang yang tidak berilmu (QS 58:31).

   Membaca buku yang berkualitas adalah satu aktivitas yang memiliki segudang manfaat. Sedikitnya ada 7 manfaat yang dapat saya uraikan.


1. MENAMBAH WAWASAN ILMU DAN PENGETAHUAN

   Membaca buku adalah satu sarana untuk membuka cakrawala dunia. Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu serta pengetahuan, kita akan lebih percaya diri dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa servive dalam menghadapi gejolak zaman.


2. SARANA REFLEKSI DAN PENGEMBANGAN DIRI

   Dengan membaca kita dapat mengetahui pemikiran seseorang. Artinya kita bisa mempelajari bagaimana cara orang lain dalam mengembangkan diri. Ini penting bagi kita sebagai bahan pertimbangan atau pembanding sebelum kita melakukan suatu hal.


3. MENINGKATKAN PEMAHAMAN

   Sebagai contoh nyata dari manfaat membaca ini banyak dirasakan oleh pembaca adalah bahwa membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori. Semula tidak mereka mengerti menjadi lebih jelas setalah membaca. Logika sederhana saja, tidak mungkin orang memahami materi pelajaran di kelas kalau mereka tidak membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahamannya terhadap suatu bahan atau materi yang dipelajari.


4. MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN FOKUS

   Kuncinya dalam membaca yang yang berhasil adalah konsentrasi dan fokus dalam membaca. Konsentrasi dan fokus akan memudahkan mengambil pengertian yang terkandung dari apa yang dibaca. Jadi bagi yang suka membaca akan memiliki pemikiran dan kesadaran yang lebih baik dari sesuatu apa yang dihadapi dalam hidup.

   Karena sudah terlatih dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam menghadapi kehidupan. Dengan membaca mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan dan mengubah cara berfikir dan berkesaran diri yang tadinya tidak mengetahuainya sama sekali.


5. MELATIH KEMAMPUAN BERFIKIR DAN BERKESADARAN

   Fikiran (otak, ‘aql) dan Perasaan atau Kesadaran (hati, qalb) ibarat sebuah pisau, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, akan menjadi tumpul. Apakah alat yang efektif untuk mengasahnya? Tidak lain adalah buku, yaitu buku ilmu dan buku-buku pengetahuan seperti literatur klasik, fiksi ilmiah, novel, sajak atau puisi, buku pengembangan diri dan pengetahuan lain seperti sejarah, otobiografi dan buku-buku ilmiah lainnya.

   Dengan cara ini cara berfikir dan berkesadaran akan bertambah dalam dan kuat. Bacalah buku sebanyak mungkin.

   Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi alam pikiran dan keasadaran kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif (pengenalan) dan meningkatkan perbendaharaan kosakata dan cara penyajian ilmu atau pengetahuan yang sudah kita miliki setelah mengambil manfaat dari apa yang kita baca.


6. MENDUKUNG KEMAMPUAN MENJELASKAN DAN BERBICARA DI DEPAN UMUM

   Membaca adalah suatu aktivitas yang akan membuka cakrawala dan pengatahuan anda terhadap dunia. Untuk mengembangkan jangkauan diri kita terhadap pengetahuan atas pengetahuan suatu ilmu dan peristiwa-peristiwa di dunia, hanya bisa dijangkau dengan membaca. Selain mendapatkan informasi tentang suatu ilmu dan berbagai peristiwa, membaca juga mampu meningkatkan pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal, karena membaca akan memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata. Meningkatnya pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berbicara di depan umum.


7. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN MENGAJARKAN

   Selain menambah wawasan ilmu dan pengetahuan, membaca juga bisa mengasah kemampuan menulis dan mengajarkan sesuatu ilmu dan pengetahuan kepada orang yang tidak mengetahuinya. Selain itu, karena wawasan Anda juga berguna untuk bahan menulis akan menjadi semakin luas dan baik. Anda juga bisa mempelajari gaya-gaya menulis orang lain dengan membaca tulisannya. Lewat membaca Anda bisa mendapatkan kekayaan ide yang melimpah untuk menulis.


PENUTUP

   Last but not lease (Yang terakhir tapi bukan yang tidak penting), membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat pemikiran dalam otak pemikiran dan kesadaran hati. Ketika membaca, otak (‘aql) dan hati (qalb) karunia dari Allah Azza wa Jalla akan dirangsang secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak dan kesadarannya termasuk penyakit Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan penggunaan otak dan kesadaran manusia seperti membaca buku dapat menunda atau mencegah kehilangan memori dan kesadaran. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dan kesadaran dapat selalu terhubung dan tumbuh.

   Allah Azza wa Jalla sewaktu mengangkat Adam as sebagai khalifah. Dia mengajarkan “ilmu dan pengetahuan” khusus kepada Adam, sebagaimana yang disebutkan dalam  firman-Nya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi”. (QS 2:30). Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda), (QS 2:31).

Maksud daripada nama-nama benda itu adalah semua benda yang menyangkut kegunaan dan manfaatnya agar dia mampu menjalankan misi dan tugas sebagai khalifah. Tanpa ilmu dan pengetahuan yang memadai, mustahil ia akan mampu menjalankan misi dan tugas sebagai khalifah pemakmur kehidupan di bumi.

   Kini ilmu dan pengetahuan diperoleh dengan banyak membaca, dengan itu ilmu dan pengetahuan bertambah. Ilmu dan pengetahuan ini berguna untuk mempertajam keahlian bidangnya masing-masing. Dengan itu akan mampu menjalankan misi dan tugas bidangnya sebagai khalifah-khalifah dalam membangun peradaban (pemakmur kehidupan) di bumi. Kehidupan di bumi bagi manusia khalifah adalah sebagai ladang ibadah, sebagai bekal menuju akhirat. Billahit Taufiq wal-Hidayah. □ AFM